HAIKU dan TANKA

Haiku dan Tanka adalah puisi yang berasal dari Jepang. Tak jauh berbeda dengan pantun puisi Haiku dan Tanka pun memiliki aturan yang harus di penuhi oleh pembuatnya. Bedanya, jika pantun berkembang dalam komunikasi ranah lisan, maka Haiku dan Tanka berkembang dalam komunikasi tulis.
Dalam penulisan Haiku, hal yang harus di perhatikan adalah jumlah baris pada setiap suku katanya. Haiku ditulis 3 baris setiap barisnya memiliki pola suku kata yaitu 5-7-5. Namun dalam perkembangnya haiku bisa dibuat dalam tiga bentuk yakni, diantaranya pola pertama 2-3-2, 5-7-5 dan bebas.
Jika dibandingkan dengan Haiku, perkembangan Tanka jauh lebih awal. Kata Tanka berasal dari dua kanji yang berbeda. Masing-masing kanji tersebut dapat berdiri sendiri dan memiliki arti. Tan berasal dari kanji mijika yang berarti pendek. Ka berasal dari kanji uta yang berarti nyanyian atau bisa juga puisi.
Tanka memiliki pola lebih panjang dibandingkan dengan Haiku. Jika Haiku terdiri dari tiga baris maka Tanka terdiri dari lima baris. Masing-masing baris memiliki pola 5-7-5-7-7.

Contoh puisi Haiku
Pemain Gila
Oleh : Tifanny Ellies

Di bawah meja
Main tangan dan mata

Lupakan janji

Contoh puisi Tanka
Oleh : Tifanny Ellies

Akil oh akil
Akil seperti kancil

Dusta dan tipu

Senang bersandiwara
Mengumpat dalam dosa

Comments

Popular posts from this blog

RESENSI NOVEL : PADANG BULAN KARYA ANDREA HIRATA

RESENSI NOVEL : HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO